ff
 

WEDNESDAY, 16 JUNE 2010 Membangun Network untuk informasi Pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti

Jumat, 24 September 2010



Informasi sangat penting dalam mengambil sebuah kebijakan atau keputusan untuk pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti, dengan informasi yang lengkap dan terpercaya insyaAllah kebijakan yang dibuat akan tepat sasaran, efisien dan efektif. Kepada Pemimpin Kabupaten Kepulauan Meranti kedepan mesti memikirkan ini, secara administratif urusan informasi ini sebenarnya sudah ada cuma yang menjadi permasalahannya adalah tidak tepat waktu, ABS (asal bapak senang) dan pengarsipan yang kurang baik, sehingga pada saat yang diperlukan selalu tidak tersedia dengan baik, terus bagaimana solusinya.
Sudah saatnya menerapkan e-goverment untuk skala kabupaten, jangan merasa ini sebuah proyek yang wah (mercua suar) atau sebagainya, di zaman informasi dan demi akurasinya kebijakan pembangunan di Kabupaten Meranti yang sistem transportasinya belum lancar, ini bukan sesuatu yang mewah dan belum pantas. Caranya, dengan membangun jaringan komputer dalam Skala Kabupaten (Metropolitan Area Network) dengan server berpusat pada kantor Bupati  di Selat Panjang yang dilengkapi koneksi internet menggunakan V-SAT, terus dibangun jaringan menggunakan radio microwave yang menghubungkan titik-titik dari Kantor Bupati di Selat Panjang ke setiap Kantor Camat se-kabupaten Kepulauan Meranti, di tambah dengan Kantor UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan, dan Sekolah untuk tingkat SMA/SMK dan SMP. Dengan kondisi permukaan tanah yang datar, pemasangan tower untuk menghubungkan titik-titik tersebut tidak akan mengalami permasalahan.
Koneksi yang sudah terbangun tersebut, dapat dimanfaatkan untuk e-goverment antara lain, SIAK (pembuatan kartu penduduk Online), pengentrian data untuk database baik di pemerintahan dan pendidikan, dengan software e-goverment yang dirancang untuk pengisian database yang diperlukan, data-data yang diperlukan untuk setiap pembuatan kebijakan dapat di entri dari setiap kantor Camat, UPTD terkait maupun SMA dan SMP (data pendidikan) dan semuanya nanti akan terkumpul di pusat Database di Kantor Bupati di Selat Panjang. selain itu juga informasi dari pusat Kabupaten dapat di informasikan secara realtime ke setiap wilayah kecamatan atau UPTD terkait atau ke SMA dan SMP di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.
Pemanfaatan lain adalah koneksi Internet dapat dibagi-bagi ke setiap wilayah kecamatan (kantor Camat, UPTD, dan Sekolah) sehingga dapat memperoleh informasi-informasi lain yang berkaitan dengan pembangunan dan sebagainya, apalagi penetrasi internet untuk sekolah-sekolah di Wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti masih sangat kurang. Selain itu jaringan ini juga dapat digunakan untuk Video Conference, VOIP (komunikasi lewat internet), Video Call, transfer data dan lain sebagainya, sehingga masalah transportasi dan komunikasi (jaringan telpon masih belum merata) dapat di atasi, jika Pak Bupati ingin rapat dengan para Camat (bahkan dengan seluruh Kades) mereka dapat melakukan tanpa harus berkumpul di Kantor Bupati ( cukup di kantornya masing-masing), demikian juga jika ada surat baik Surat Edaran maupun Pemberitahuan cukup disampaikan lewat e-mail dan sampai pada saat itu juga, cepat, efisien dan efektif.
Mahalkah sistem ini, tidak mahal jika diukur dari efektivitas dan efiisiensi yang didapa darinya, yang perlu di adakah  satu Koneksi Broadband menggunakan VSAT, Server, Tower di kantor Bupati, Kantor camat, kantor UPTD, SMA dan SMP (itupun untuk yang berada jauh dari Selat Panjang) untuk dalam kota Selat Panjang hanya butuh sambungan beberapa batang besi, PC atau laptop untuk setiap kantor dan sekolah yang terhubung, beberapa akses point untuk membuat Hotspot di beberapa titik tersebut, biaya pelatihan operator, dan biaya operasional dan perwatan, dengan mengalihkan anggaran pengadaan mobil dinas untuk Kadis dan anggota Dewan (salah satu alternatif ... kalau dibeli mobil mau jalan kemana itu mobil...malah nanti karatan ...) ke kegiatan ini rasanya hampir cukup.

0 comments:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © aljufri